Arif Munandar Mahasiswa Tambang yang Ahli Menggali Prestasi

#
    Prestasi :
  1. Official Delegation International Symposium 2nd IFSFA 2017 di Universitas Udayana, Bali.
  2. Oral Speaker 7th Indonesia-Japan Joint Scientific Symposium 2016 di Chiba University, Jepang.
  3. Juara II Lomba Penelitian Tingkat Nasional YORECO (Young Researcher Competition) 2016 di Universitas Negeri Padang
  4. Penerima Program Mahasiswa Wirausaha DIKTI 2016
  5. Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Teknik Pertambangan 2015
  6. 10 Besar Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional di Universitas Riau 2015
  7. Juara II Lomba Tenis Meja Tingkat Mahasiswa KEJURMA FT-UNP 2015
  8. Juara 1 Lomba GPS dan Kompas Mining Exhibition HMTP-UNP 2015
  9. Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional PPIPM Fair 2014
  10. 10 Besar Finalis Chemistry Innovation Project HMDK Universitas Indonesia 2014
  11. 15 Besar Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Pena Pemuda Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta 2014
  12. Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional UNYSEF Universitas Negeri Yogyakarta 2013
  13. Juara 1 Lomba Tenis Meja Tingkat Mahasiswa Dekan-Cup 2013
  14. 8 Besar Finalis Lomba Tenis Meja Mahasiswa Tingkat Provinsi UKO UNAND 2013

Teknik Pertambangan Universitas Negeri Padang perlu bangga karena memiliki Mahasiswa Berprestasi seperti Arif Munandar. Mahasiswa Teknik Pertambangan tahun masuk 2012 ini telah mengukir prestasinya sejak awal memasuki bangku perkuliahan.

Berbagai penghargaan mulai dari tingkat Regional, Nasional hingga Internasional telah diraihnya untuk membanggakan almamater. Dimulai dari hobi-hobi yang disenangi seperti pada bidang olahraga Arif selalu menaiki podium juara lomba tenis meja yang di adakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM-FT) selama tiga tahun berturut-turut. lalu menjadi juara 1 dibidang akademik dalam lomba GPS dan Kompas yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UNP, serta telah memiliki sertifikasi kompetensi Rock Blasting Teknik Pemberian Batuan oleh PUSDIKLAT MINERBA dan sertifikasi kompetensi Teknologi Keselamatan Tambang Batubara Bawah Tanah oleh JOGMEC dan MMR Jepang. Tak hanya di bidang Olahraga dan Akademik, Arif juga mengembangkan bakat seninya yang lain seperti beatbox, salah satunya dengan menjadi bintang tamu berbagai acara yang menampilkan seni beatbox di atas panggung yang acap kali mengundang decak kagum dari penonton.

Selain itu, prestasi yang paling membanggakan sebagai mahasiswa Teknik Pertambangan adalah mengharumkan nama Universitas Negeri Padang hingga ke tingkat Internasional. Mulai dari menjadi Finalis Chemistry Inovation Project di Universitas Indonesia (UI), menjadi delegasi event internasional Symposium di Pulau Dewata Bali hingga Presentasi di Chiba University Jepang bersama delegasi dari negara lain. Bahkan namanya telah tercatat dalam piagam penghargaan sebagai pembicara internasional atas hasil penemuan dan penelitiannya yang diadakan disana. Selama Berkuliah di Universitas Negeri Padang , Arif Munandar juga sangat aktif di berbagai organisasi seperti dalam kepanitiaan baik tingkat nasional maupun regional, pernah menjadi pemateri, ketua panitia, moderator, pimpinan sidang tetap, koordinator panitia, dan anggota panitia. Tak hanya itu ia pernah menjabat sebagai Koordinator Departemen Keilmiahan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) Universitas Negeri Padang pada periode 2015/2016, Wakil Ketua Umum IPMK Sumbar periode 2014/2015 dan Dewan Pengawas Organisasi IMKS UNP periode 2016/2017.

"bagi saya tidaklah penting seberapa lama kita hidup, yang terpenting adalah apa yang telah kita lakukan selama hidup dan itu bermanfaat bagi orang lain, saya tidak ingin menjadi orang biasa (ordinary person) melainkan saya ingin menjadi extraordinary person yang bisa menginspirasi banyak orang " . ucap mahasiswa kelahiran 29 Januari itu. "Yang terpenting adalah berani untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi tersebut, kemauan harus dibarengi dengan usaha yang kuat" tambahnya.

Kemauan dan mimpi yang tak mengenal batas mampu mengantarkan Arif meraih banyak penghargaan. Ia mampu berprestasi di bidang lomba karya tulis ilmiah, olahraga, disiplin ilmu pertambangan, serta di bidang seni. Masih banyak target-target lain yang ingin ia capai dan tentunya usaha dan doa adalah caranya untu meraih mimpi-mimpinya.

Bagi Arif, selalu memiliki target dan berjuang untuk merealisasikan mimpi adalah inti dari menikmati hidup, dan berprestasi serta membagi inspirasi adalah caranya untuk bisa memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya.

Related posts