Kuliah Material Handling dengan Prof.Agus Pulung Sasmito dari McGill Canada

Padang, 29 April 2021

Jurusan Teknik Pertambangan saya berbahagia sekali mendapatkan kesempatan baik mendapatkan ilmu dari seorang pengajar di Universitas Ternama untuk Bidang Pertambangan dunia McGill University. Setelah penandatangan Letter of agreement antara Jurusan Teknik Pertambangan FT UNP dengan Laboratorium Ventilasi Tambang McGill Canada tanggal 15 Januari 2021 yang lalu. Akhirnya aksi nyata pertama dari Kerjasama itu diwujudkan pada hari ini dengan pemberian perkuliahan umum untuk mata Kuliah Peralatan Tambang dan Penanganan Material dengan tema “Truck and Loader”.

Pembicara adalah Prof. Agus Pulung Sasmito,P.hD, Orang Indonesia yang sangat berprestasi sehingga beliau di usia 32 tahun sudah mendapatkan kesempatan baik menjadi salah satu Professor di Jurusan Teknik Pertambangan McGill Canada. Dari 67 mahasiswa yang hadir dalam perkuliahan tersebut semua merespon dengan positif, dimana materi yang diberikan mencerahkan, memberikan gambaran yang baru akan dunia real pertambangan, dan sangat menginspirasi.

Dalam paparan beliau ada beberapa hal baru yang menarik untuk menjadi topik dalam aktivitas penelitian Dosen dan Mahasiswa Teknik Pertambangan UNP nantinya. Pertama, beliau mengungkapkan bahwa tantangan masa depan adalah penangan material keras (Hard Rock Material). Penggunaan drill and blasting dirasa akan kurang effisien. Satu solusi yang ditawarkan adalah dengan membuat material keras menjadi lebih mengembang dengan memanfaatkan microwave. Karena dalam batuan sangat normal kita menemukan mineral-mineral yang beragam. Dengan memberikan panas melalui microwave ini makan diharapkan material akan menurun nilai kuat tekan batuannya sekitar 60%. Sehingga alat mekanis lebih mudah memindahkan material itu ke alat angkut. Ini tentu akan memberikan efisiensi yang sangat baik. Penelitian ini masih berlanjut di labor beliau di McGill Canada. Hal kedua yang menarik dalam sisi pengajaran, mata Kuliah material handling merupakan pilot project untuk pembelajaran berbasis design dan kreatifitas di Canada. Salah satunya adalah dengan pemberian soal yang memungkinkan mahasiswa memberikan jawaban yang bervariasi. Tidak ada benar dan salah, tapi berbagai alternatif bisa ditawarkan. Mahasiswa dirancang bisa menawarkan design terbaik mereka untuk kasus real material handling di lapangan.

Dua hal tersebut dirasa sangat baik jika diterapkan di Jurusan Teknik Pertambangan FTUNP. Dengan Kerjasama yang terbentuk, ini memungkinkan kita dapat ilmu dan masukan langsung dari ahlinya.