HMTP FT UNP

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambagnan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (HMTP FT UNP) memiliki nama awal PERMATA FT UNP didirikan pada hari Kamis, 3 April 2003 dalam musyawarah bersama Mahasiswa Teknik Pertambangan FT UNP di ruangan EH7 jurusan Teknik Sipil. Namanya berubah pada tanggal 2 Maret 2013 menjadi HMTP FT UNP dalam Musyawarah Besar bersama mahasiswa Teknik Pertambangan FT UNP di Ruangan Serba Guna (RSG).

HMTP FT UNP adalah suatu wadah berorganisasi bagi Mahasiswa Teknik Pertambangan FT UNP. HMTP FT UNP bersifat ilmiah dan dalam kegiatannya turut membantu pemerintah, dan masyarakat pergguruan tinggi dalam rangka mencapai tujuan nasional, yaitu turut mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dibidang teknologi teknik pertambangan. HMTP FT UNP bukan organisasi sosial politik serta tidak menjalankan politik praktis.

Adapun fungsi dari HMTP FT UNP adalah sebagai wadah komunkasi dan aspirasi serta pemersatu mahasiswa Teknik Pertambangan FT UNP. HMTP FT UNP memiliki tujuan yaitu Menyatukan pemikiran, pandangan serta menggalang kerja sama dikalangan mahasiswa teknik Pertambangan dan instansi yang terkait, Meningkatkan profesionalisme mahasiswa teknik Pertambangan, dan HMTP FT UNP bertujuan agar anggotanya mampu berdiri sendiri sebagai pemikir, profesional dan pembaharu.