Untuk mengukur ketercapaian tujuan dibutuhkan sejumlah sasaran pengembangan yang menggambarkan kondisi yang mesti dicapai pada tahun 2020. Sasaran pengembangan untuk tiap tujuan tersebut adalah;
- Melaksanakan kegiatan perkuliahan sesuai dengan kurikulum serta menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, GBPP, SAP, bahan ajar, Labsheet, dan media pembelajaran) dengan tingkat ketersediaan 90%.
- Mengembangkan laboratorium untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat, dan melayani jasa pengujian.
- Melakukan kerjasama dengan pihak stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian, pelatihan, dan bidang-bidang lainnya.
- Mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan komponen-komponen pendukung lainnya melalui UPMI, GPMI, dan BPMI.
- Menjaring tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan dengan tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek proses pembelajaran, pengembangan profesionalisme, dan akademis lainnya pada setiap semester minimal 85%.
- Melakukan tracer study terhadap lulusan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan lulusan dan prodi.
- Tingkat kehadiran dosen di ruang kuliah setiap Semester minimum 90%.
- Tingkat kehadiran Mahasiswa di ruang kuliah setiap semester minimal 90%.
- Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata mahasiswa S1 3,00.
- Indeks Prestasi (IP) rata-rata setiap semester minimal 2,90.
- Masa studi S1 adalah 8 semester.
- Tingkat keterserapan lulusan memperoleh pekerjaan pertama kurang dari 8 bulan.
- Jumlah Dosen berkualifikasi S3 menjadi 30% pada akhir tahun 2020.
- Meningkatkan pengembangan dan kompetensi profesionalnya staff dan dosen.
- Meningkatkan jumlah dan kualitas, kolaborasi dan keterlibatan pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.
- Meningkatkan pelayanan pembimbingan akademik dan konseling serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari kalangan ekonomi kurang mampu.
Strategi dan arah kebijakan pengembangan PSTPFT-UNP tahun2016-2020 dirumuskan berdasarkan pada visi,misi, tujuan PSTP,serta mengacu pada Renstra Universitas Negeri Padang tahun 2016-2020,dan Renstra Fakultas Teknik tahun 2016-2020.Strategi dan arah kebijakan ini disusun untuk memberikan arah dan pedoman bagi semua unsur di PSTP yang terlibat dalam penyelenggaraan dan pengembangan PSTP 2016-2020. Strategi merupakan upaya yang sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pencapaian sasaran-sasaran dari tujuan tersebut.Tiap strategi menjelaskan komponen-komponen yang harus disediakan atau dikondisikan untuk mencapai sasaran dari tujuan.
- Melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai secara aktif, kreatif, inovatif dan demokratis untuk membentuk lulusan berkarakter berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa
- Melaksanakan perkuliahan dengan menggunakan model-model pembelajaran aktif, kreatif,inovatif, dan demokratis untuk membentuk mahasiswa berkarakter berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
- Pelaksanaanpenjaminanmutuakademikberdasarkanbakumutuyangterus dikembangkan secara berkelanjutan.
- Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada ceramah-ceramah ilmiah dan seminar tingkat nasional dan internasional.
- Meningkatkan kualifikasi pendidikan dosen ke jenjang S3 dan pencapaian jabatan guru besar
- Mengikutsertakan mahasiswa dalam lomba-lomba karya ilmiah dan keterampilan
- Mendorong dosen menulis karya ilmiah dalam jurnal-jurnal yang terindek scopus.
- Pengembangan grup penelitian (peergroup) dosen berdasarkan bidangkeahlian dan penyusunan road map penelitian.
- Peningkatan kapasitas dosen dalam penyusunan proposal P2M dan penulisan ilmiah.
- Mengalokasikan dana PSTP untuk kegiatan penelitian bagi dosen
- Mengarahkan judul-judul tugas akhir beorientasi pada pengembangan dan pembuatan alat labor
- Mengalokasikan dana PSTP untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen.
- Mengalokasikan dana bagi dosen penulis karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal terakreditasi dan proceeding pada seminar tingkat nasional dan internasional.
- Mengoptimalkan pemanfaatan pustaka PSTP melalui tugas-tugas oleh dosen dari sumber-sumber yang ada di pustaka.
- Mengupayakan peninjauan dan pengembangan materi kurikulum yang berbasis KKNI dan perkembangan IPTEK.
- Meningkatkan kegiatan mahasiswa melalui pameran hasil karya, kuliah umum dan seminar.
- Memonitor dan mengevaluasi kinerja pencapaian rencana strategi.
- Penataan struktur organisasi PSPTdan tugaspokoknyauntukmenjamin tercapainya tujuan.
- Pemanfaatanteknologiinformasiuntukmeningkatkankualitaspengelolaan PSTP.
- Peningkatan transparansi danakuntabilitas.
- Pengembangan danpenguatan kelembagaan.
- Peningkatan kerjasama akademik dan non-akademik dengan berbagai institusi baik di daerah, nasional, maupun internasional.
- Penguatan peran alumni untuk pengembangan PSTP danpeningkatan kualitas lulusan.