Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Pencapaian;

Untuk mengukur ketercapaian tujuan dibutuhkan sejumlah sasaran pengembangan yang menggambarkan kondisi yang mesti dicapai pada tahun 2020. Sasaran pengembangan untuk tiap tujuan tersebut adalah;

  1. Melaksanakan kegiatan perkuliahan sesuai dengan kurikulum serta menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, GBPP, SAP, bahan ajar, Labsheet, dan media pembelajaran) dengan tingkat ketersediaan 90%.
  2. Mengembangkan laboratorium untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat, dan melayani jasa pengujian.
  3. Melakukan kerjasama dengan pihak stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian, pelatihan, dan bidang-bidang lainnya.
  4. Mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan komponen-komponen pendukung lainnya melalui UPMI, GPMI, dan BPMI.
  5. Menjaring tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan dengan tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek proses pembelajaran, pengembangan profesionalisme, dan akademis lainnya pada setiap semester minimal 85%.
  6. Melakukan tracer study terhadap lulusan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan lulusan dan prodi.
  7. Tingkat kehadiran dosen di ruang kuliah setiap Semester minimum 90%.
  8. Tingkat kehadiran Mahasiswa di ruang kuliah setiap semester minimal 90%.
  9. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata mahasiswa S1 3,00.
  10. Indeks Prestasi (IP) rata-rata setiap semester minimal 2,90.
  11. Masa studi S1 adalah 8 semester.
  12. Tingkat keterserapan lulusan memperoleh pekerjaan pertama kurang dari 8 bulan.
  13. Jumlah Dosen berkualifikasi S3 menjadi 30% pada akhir tahun 2020.
  14. Meningkatkan pengembangan dan kompetensi profesionalnya staff dan dosen.
  15. Meningkatkan jumlah dan kualitas, kolaborasi dan keterlibatan pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.
  16. Meningkatkan pelayanan pembimbingan akademik dan konseling serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari kalangan ekonomi kurang mampu.
Strategi Pencapaian:

Strategi dan arah kebijakan pengembangan PSTPFT-UNP tahun2016-2020 dirumuskan berdasarkan pada visi,misi, tujuan PSTP,serta mengacu pada Renstra Universitas Negeri Padang tahun 2016-2020,dan Renstra Fakultas Teknik tahun 2016-2020.Strategi dan arah kebijakan ini disusun untuk memberikan arah dan pedoman bagi semua unsur di PSTP yang terlibat dalam penyelenggaraan dan pengembangan PSTP 2016-2020. Strategi merupakan upaya yang sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pencapaian sasaran-sasaran dari tujuan tersebut.Tiap strategi menjelaskan komponen-komponen yang harus disediakan atau dikondisikan untuk mencapai sasaran dari tujuan.

  1. Melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai secara aktif, kreatif, inovatif dan demokratis untuk membentuk lulusan berkarakter berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Melaksanakan perkuliahan dengan menggunakan model-model pembelajaran aktif, kreatif,inovatif, dan demokratis untuk membentuk mahasiswa berkarakter berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  3. Pelaksanaanpenjaminanmutuakademikberdasarkanbakumutuyangterus dikembangkan secara berkelanjutan.
  4. Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada ceramah-ceramah ilmiah dan seminar tingkat nasional dan internasional.
  5. Meningkatkan kualifikasi pendidikan dosen ke jenjang S3 dan pencapaian jabatan guru besar
  6. Mengikutsertakan mahasiswa dalam lomba-lomba karya ilmiah dan keterampilan
  7. Mendorong dosen menulis karya ilmiah dalam jurnal-jurnal yang terindek scopus.
  8. Pengembangan grup penelitian (peergroup) dosen berdasarkan bidangkeahlian dan penyusunan road map penelitian.
  9. Peningkatan kapasitas dosen dalam penyusunan proposal P2M dan penulisan ilmiah.
  10. Mengalokasikan dana PSTP untuk kegiatan penelitian bagi dosen
  11. Mengarahkan judul-judul tugas akhir beorientasi pada pengembangan dan pembuatan alat labor
  12. Mengalokasikan dana PSTP untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen.
  13. Mengalokasikan dana bagi dosen penulis karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal terakreditasi dan proceeding pada seminar tingkat nasional dan internasional.
  14. Mengoptimalkan pemanfaatan pustaka PSTP melalui tugas-tugas oleh dosen dari sumber-sumber yang ada di pustaka.
  15. Mengupayakan peninjauan dan pengembangan materi kurikulum yang berbasis KKNI dan perkembangan IPTEK.
  16. Meningkatkan kegiatan mahasiswa melalui pameran hasil karya, kuliah umum dan seminar.
  17. Memonitor dan mengevaluasi kinerja pencapaian rencana strategi.
  18. Penataan struktur organisasi PSPTdan tugaspokoknyauntukmenjamin tercapainya tujuan.
  19. Pemanfaatanteknologiinformasiuntukmeningkatkankualitaspengelolaan PSTP.
  20. Peningkatan transparansi danakuntabilitas.
  21. Pengembangan danpenguatan kelembagaan.
  22. Peningkatan kerjasama akademik dan non-akademik dengan berbagai institusi baik di daerah, nasional, maupun internasional.
  23. Penguatan peran alumni untuk pengembangan PSTP danpeningkatan kualitas lulusan.